Dasar-dasar Etiket Bisnis Referensi B2B

Dasar-dasar Etiket Bisnis Referensi B2B

Menarik dan mempertahankan pelanggan adalah pekerjaan nomor satu dari setiap pemilik bisnis dan penyedia layanan profesional wiraswasta Jasa Pendirian PT CV jakarta. Salah satu cara calon pelanggan mengetahui manfaat bisnis Anda adalah melalui referral, yaitu rekomendasi yang dibuat oleh seseorang yang dipercaya oleh calon pelanggan dan telah berhasil berbisnis dengan Anda, atau yang mengenal Anda dengan baik.

Rujukan dimulai dengan hubungan dan empat kelompok orang yang Anda kenal berpotensi menjadi tenaga penjualan informal yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda: klien, kolega, teman, dan keluarga. Mengikuti praktik etiket bisnis dasar akan memastikan bahwa sumber Anda merasa dihargai dan akan membuat saluran rujukan Anda tetap terisi.

Buat itu mudah

Kembangkan dan persiapkan sumber rujukan Anda dengan memastikan bahwa orang-orang di jaringan Anda memahami dan dapat menjelaskan apa yang Anda lakukan. Belajarlah untuk menggambarkan dengan jelas dan ringkas layanan yang Anda berikan, jenis klien yang biasanya Anda tangani, dan apa yang dibutuhkan klien saat mereka bekerja dengan Anda. Identifikasi judul pekerjaan dari prospek terbaik Anda dan tujuan atau tantangan bisnis yang mendorong kebutuhan untuk mempekerjakan Anda. Berdayakan sumber rujukan Anda ke jaringan untuk Anda karena mereka jaringan untuk diri mereka sendiri.

Siapa yang harus ditanyakan?

Siapa pun yang memercayai dan menghormati ketajaman bisnis dan kemampuan profesional Anda adalah sumber rujukan potensial. Jika Anda telah bekerja untuk klien di dua atau tiga proyek dan telah mengembangkan hubungan yang baik, beri tahu mereka bahwa Anda selalu mencari bisnis baru dan akan menghargai rujukan ke seseorang yang dapat menggunakan layanan Anda.

Kolega yang Anda temui melalui kerja sukarela, terutama melalui layanan di dewan dan komite nirlaba, adalah sumber rujukan potensial lainnya. Layanan dewan memberi Anda kesempatan untuk tidak hanya menunjukkan keahlian profesional dan kemampuan kepemimpinan Anda, tetapi juga membangun hubungan sosial dan profesional. Jika Anda tidak memiliki waktu dan keinginan untuk menyelidiki organisasi nirlaba yang menarik minat Anda dan membutuhkan keahlian Anda, kunjungi Rotary Club setempat, yang selama 100 tahun telah menyatukan para profesional bisnis untuk melakukan pelayanan masyarakat.

Keanggotaan dalam asosiasi profesional dan kelompok bisnis, mis. Kamar Dagang, adalah cara terhormat untuk membangun hubungan yang dapat mengarah pada rujukan. Kelompok alumni perguruan tinggi, yang terdiri dari orang-orang yang telah mengenal Anda mungkin selama beberapa dekade, membawa kepada Anda sumber referensi potensial lainnya. Hadiri acara alumni dan hubungkan kembali dengan teman lama Anda, beberapa di antaranya mungkin senang menambahkan dimensi bisnis ke dalam hubungan, sekarang semua orang ada di dunia kerja.

Write a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *